Dituduh Nepotisme Vaksin, Menteri Kesehatan Ekuador Mengundurkan Diri

Dituduh Nepotisme Vaksin, Menteri Kesehatan Ekuador Mengundurkan Diri

Inspira News – Adanya tuduhan nepotisme dan favoritisme dalam peluncuran vaksin Covid-19 membuat Menteri Kesehatan Ekuador mengundurkan diri. Padahal menteri tersebut baru saja dilantik tidak lebih dari tiga minggu lamanya.

Rodolfo Farfan yang baru saja dilantik sebagai Menteri Kesehatan Ekuador pada 1 Maret 2021 lalu oleh Presiden Lenin Moreno mengundurkan diri dari jabatannya usai menerima tuduhan bahwa ia melakukan nepotisme dalam program vaksin Covid-19 di negara tersebut.

Rodolfo Farfan sendiri menggantikan menteri kesehatan sebelumnya yakni Juan Carlos Zevallos yang juga mengundurkan diri pada akhir Februari lalu setelah dituduh ikut dalam program vaksinasi di panti jompo tempat tinggal ibunya.

Terkait soal tuduhan yang terjadi pada diri Farfan, ahli bedah tersebut belum mengeluarkan pernyataan terkait pengunduran dirinya ataupun terkait dengan tuduhan yang ditujukan padanya.

Setelah adanya tuduhan tersebut, pihak kepolisian melakukan penggerebekan kementerian kesehatan dan rumah sakit di ibu kota Quito sebagai bagian dari penyelidikan. Dalam kasus tersebut pihak pemerintah menyatakan siap bekerjasama dalam penyelidikan kasus tersebut.

Isu tentang tuduhan nepotisme dalam program pendistribusian vaksin Covid-19 telah menimbulkan gejolak politik di beberapa negara Amerika Selatan, antara lain Ekuador sendiri, Peru dan juga Argentina. Proses pendistribusian vaksin di Ekuador pada tahap pertama diberikan kepada 120.000 penduduknya.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS