Keberadaan Patung Banteng Berusia 2.500 Tahun Terungkap Karena Hujan

Keberadaan Patung Banteng Berusia 2.500 Tahun Terungkap Karena Hujan

Inspira News – Hujan lebat telah mengungkap sebuah sejarah kuno yang terjadi di situs kuno Olympia. Keberadaan sebuah patung banteng yang terbuat dari perunggu ditaksir telah berusia sekitar 2.500 tahun akhirnya terungkap. Hujan lebat menyingkap keberadaan patung yang diyakini sebagai salah satu persembahan untuk dewa Zeus.

Situs kuno Olympia, Yunani memang menjadi tempat menarik bagi para arkeolog. Pasalnya tempat ini meninggalkan banyak kisah kuno yang melegenda hingga saat ini. Nama-nama legenda Yunani seperti Zeus, Hercules dan lain sebagainya dipercaya lahir dari peradaban tersebut. Bahkan Olimpiade pertama juga diadakan di kawasan tersebut.

Terkait dengan penemuan patung perunggu, Kementerian Kebudayaan Yunani mengatakan bahwa penemuan benda kecil dan utuh itu dilakukan oleh para arkeolog di dekat sebuah kuil. Seorang arkeolog menemukan patung tersebut dari lumpur setelah terkena hujan yang lebat. Arkeolog tersebut awalnya menemukan sebuah tanduk yang sedikit mencuat ke permukaan.

Arkeolog menduga patung perunggu tersebut berusia sekitar 2.500 tahun dan merupakan salah satu dari ribuan persembahan untuk dewa Zeus. Hal tersebut dapat dilihat dari tanda bakar pada patung yang terbuat dari perunggu. Patung banteng berukuran mungil tersebut kemudian dibawa ke laboratorium untuk diperiksa mengenai asal usulnya.

Berdasarkan pemeriksaan awal, terungkap bahwa patung banteng tersebut berasal dari periode geometris seni Yunani, yakni antara tahun 1050 SM hingga 700 SM. Pada periode tersebut, hewan seperti banteng dan kuda merupakan sesembahan yang menarik, karena kedua hewan tersebut sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS