Mengenali Perbedaan Hukum Tanah dan Hukum Agraria

Mengenali Perbedaan Hukum Tanah dan Hukum Agraria

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan hukum tanah dan hukum agraria. Elemen alam bumi, air, ruang angkasa serta kekayaan alam (BARKa) yang ada di dunia merupakan sebuah karunia yang dititipkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada kita umat manusia.

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui perbedaan hukum agraria dan hukum tanah.

Inilah Perbedaan Hukum Tanah dan Hukum Agraria

  1. Pengertian Hukum Agraria

Pengertian hukum agraria menurut Soedikno Mertokusumo, adalah keseluruhan kaidah hukum yang mengatur agrarian, baik tertulis maupun tidak tertulis.

Menurut Budi Harsono, hukum agraria merupakan suatu kelompok di berbagai bidang hukum yang di dalamnya terdapat sumber daya alam tertentu yang masuk ke dalam pengertian agrarian dan masing-masing diatur hak-hak penguasaannya, kelompok bidang hukum tersebut meliputi Hukum Tanah, Hukum Pertambangan, Hukum Air, Hukum Perikanan dan Hukum Penguasaan Atas Tenaga serta Unsur-unsur dalam Ruang Angkasa.

Yang perlu diingat adalah semua bagian kelompok hukum agraria bukan mengatur tentang pengelolaan termasuk penatagunaan atas sumberdaya agraria, tetapi mengatur hak-hak penguasaan atas sumberdaya agraria.

  1. Pengertian Hukum Tanah

Menurut Effendi Perangin, hukum tanah adalah keseluruhan peraturan yang mengatur hak-hak penguasaan atas tanah yang merupakan lembaga-lembaga hukum serta hubungan hukum yang konkret baik hukum yang tertulis maupun yang tidak tertulis.

Hukum tanah sendiri mengatur segi tertentu dari tanah, yaitu HPAT atau lengkapnya Hak Penguasaan Atas Tanah. Ada hal lain yang tidak tunduk ke dalam hukum tanah, namun tunduk kepada hukum yang lain, di antaranya:

  • Hukum Tata Guna Tanah sebagai bagian dari Hukum Tata Ruang atau Lingkungan: Cara penggunaan tanah.
  • Hukum Waris: Cara mewariskan tanah.

Kesimpulan

Hukum tanah dan hukum agraria memiliki makna yang sama yaitu mengatur tentang hak penguasaan atau tenure (hal untuk melakukan sesuatu). Perbedaannya hanya terletak pada ruang lingkup objeknya. Hukum agraria mengatur hak penguasaan atas air, bumi serta ruang angkasa, lalu untuk hukum tanah sendiri hanya mengatur tentang Hak Penguasaan Atas Tanah.

Demikianlah artikel mengenai perbedaan hukum tanah dan hukum agraria. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan pembaca mengenai hukum tanah serta hukum agraria.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS