Putus Hubungan, Malaysia Usir Semua Diplomat Kedutaan Besar Korea Utara

Putus Hubungan, Malaysia Usir Semua Diplomat Kedutaan Besar Korea Utara

Inspira News – Buntut dari putusnya hubungan diplomatik antara Malaysia dan Korea Utara akibat dari warga Korut yang diekstradisi ke Amerika Serikat oleh pemerintahan Malaysia membuat semua diplomat Kedutaan Besar Demokrat Republik Rakyat Korea (DPRK) di Kuala Lumpur diusir kembali ke negaranya.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh Kementerian Luar Negeri pada 19 Maret 2021. Pengusiran tersebut telah sesuai dengan Pasal 9 Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik 1961. Sikap tegas pemerintah Malaysia tersebut akibat dari keputusan sepihak Korea Utara yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia.

“Pengusiran telah dilakukan sesuai dengan Pasal 9 Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik 1961,” kata Menteri Luar Negeri Malaysia Dato Seri Hishamuddin Hussein seperti dilansir dari Suara.com. Menurutnya, keputusan Korea Utara sangat tidak bertanggung jawab karena memutuskan hubungan diplomatik secara sepihak.

“Tindakan Pemerintah Malaysia telah menjadi kebutuhan untuk melindungi Kedaulatan Malaysia dan menjaga kepentingan nasional kita,” katanya lagi. Hal ini sebagai bukti bahwa pemerintah Malaysia tidak akan pernah mentolerir apapun upaya negara lain untuk mencampuri urusan dalam negeri dan peradilan.

CATEGORIES
TAGS
Share This