Saran dan Strategi Untuk Memulai Bisnis Katering yang Patut Dicoba

Saran dan Strategi Untuk Memulai Bisnis Katering yang Patut Dicoba

Inspira News – Salah satu pilihan bisnis kuliner yang memberikan nilai keuntungan besar seperti katering. Bisnis seperti ini memang memiliki peluang pasar yang sangat besar. Apalagi bila dijalankan di wilayah yang padat penduduk. Selain itu, bisnis ini juga bisa ditawarkan ke berbagai tempat dan acara yang membutuhkan jumlah makanan dalam jumlah banyak. Kondisi seperti ini tentu saja akan membuat kamu mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Namun, kamu harus ingat bahwa bisnis ini juga membutuhkan tata kelola baik dan penawaran yang maksimal. Biasanya modal menjadi hal yang penting untuk memulai bisnis katering.

Tips untuk memulai bisnis katering yang menguntungkan

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis katering. Bisnis seperti ini membutuhkan perhitungan dan perencanaan yang matang. Persaingan bisnis katering juga sangat ketat untuk partai besar. Kondisi ini yang membuat kamu harus menentukan skala bisnis dan model dari penawaran yang dilakukan. Semakin besar skala bisnis ini maka kamu akan membutuhkan perencanaan yang sangat baik. Berikut ini ada beberapa tips untuk memulai bisnis katering yang bisa dicoba dengan mudah seperti:

1. Pilih target market

Tips ini memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kamu yang ingin memulai bisnis katering. Target market yang menjadi pilihan akan menentukan skala dan model bisnis yang dijalankan. Bila kamu menggunakan target market keluarga tentu saja ini akan membuat kamu harus memilih menu yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Selain itu, harga yang diberikan juga tidak akan terlalu mahal dan sangat terjangkau. Namun, bila kamu menggunakan target market acara besar seperti pernikahan biasanya akan menawarkan menu khusus dan juga pilihan harga yang relatif lebih tinggi.

2. Tentukan pola menu terbaik

Pemilihan dari menu yang ditawarkan untuk bisnis katering ini juga harus disesuaikan dengan modal yang kamu miliki. Bahkan, metode bisnis yang dijalankan juga akan membutuhkan pola menu khusus. Hal ini sering dilakukan agar para pelanggan juga tidak termasa bosan dengan menu yang kamu tawarkan. Semakin banyak variasi menu yang kamu tawarkan kepada pelanggan maka akan semakin mudah juga untuk menjalankan bisnis ini. Namun, kamu bisa meminta saran langsung kepada pelanggan untuk memilih menu yang diinginkan pada hari tertentu.

3. Gunakan kemasan khusus

Hal lain yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan kemasan khusus pada menu katering. Sebagian besar dari bisnis katering akan memakai wadah untuk penggunaan berkali-kali. Namun, kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan wadah sekali pakai yang memiliki logo atau nama bisnis katering. Cara seperti ini sering dilakukan untuk memaksimalkan branding dari binis katering yang kamu jalankan. Metode ini juga akan menaikkan nilai dari produk menu katering yang kamu tawarkan.

4. Lakukan promosi

Kamu bisa melakukan promosi dengan memberikan potongan harga pada hari tertentu secara berkala. Selain itu, promosi ini juga bisa dilakukan dengan beriklan di media sosial. Metode ini juga akan menjangkau lebih banyak target market. Namun, pastikan juga bahwa para target market baru memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dari lokasi bisnis ini.

5. Tawarkan secara online

Manfaatkan berbagai platform online untuk menawarkan seluruh produk menu dari bisnis katering ini. Misalnya saja kamu menggunakan platform sosial media untuk memudahkan penawaran. Bahkan, kamu juga bisa memanfaatkan platform ini untuk berkomunikasi kepada calon pelanggan yang ingin informasi tambahan.

CATEGORIES
TAGS
Share This