Sebanyak 300 Lebih Anak Jadi Korban Pelecehan oleh Pastor Jerman

Sebanyak 300 Lebih Anak Jadi Korban Pelecehan oleh Pastor Jerman

Inspira News – Sebuah mega skandal terjadi di Keuskupan Agung Katolik Roma di Cologne, Jerman dalam beberapa dekade. Skandal yang melibatkan banyak pihak dengan korban ratusan anak terjadi dalam rentang waktu antara 1946 dan 2018. Hal tersebut diketahui setelah dilakukan penyelidikan selama lima bulan.

Kasus tersebut juga melibatkan ratusan tersangka pelecehan seksual terhadap anak. Laporan independen tentang penyelidikan setebal 800 halaman tentang pelecehan di Keuskupan Agung Katolik Roma di Cologne, Jerman mengungkap hal tersebut. Dari laporan tersebut, sedikitnya 243 anggota klerus dan awam telah diidentifikasi sebagai pelaku kekerasan anak di bawah usia 14 tahun dengan jumlah korban sekitar 300 orang mayoritas laki-laki.

Dua pastor serta beberapa tokoh gereja papan atas aka diberhentikan dari posisi mereka akibat terlibat dalam kasus tersebut. Mereka dituduh telah melanggar tugas serta berusaha menutupi tuduhan tersebut.

Firma hukum Jerman Gercke Wollschlager ditunjuk oleh Keuskupan Agung Cologne untuk menyusun laporan tersebut dan diselesaikan dalam waktu 5 bulan dengan cara melakukan wawancara kepada siapa saja yang dianggap terlibat dan dituduh menyembunyikan laporan sebelumnya tentang pelecehan anak tersebut.

“Pastor bersalah karena melakukan kekerasan pada orang-orang yang dipercayakan kepada mereka, dan dalam banyak kasus tanpa dihukum karenanya,” kata Kardinal Rainer Woelki yang mengatakan bahwa insiden yang dilaporkan tersebut sangat mempengaruhinya.

Sebelumnya terungkap seorang biarawati Jerman yang berasal dari Keuskupan Agung Katolik Koln dituduh dengan keji “menyewakan” anak laki-laki yatim piatu kepada pengusaha dan juga pendeta di tahun 60an dan 70an. Anak tersebut dijadikan budak untuk pesta seks yang dilakukan oleh para pengusaha dan juga pendeta tersebut.

CATEGORIES
TAGS
Share This