Sejarah Nyi Roro Kidul Dari Perspektif Kerajaan Pajajaran

Sejarah Nyi Roro Kidul Dari Perspektif Kerajaan Pajajaran

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai sejarah Nyi Roro Kidul. Kehadiran Nyi Roro Kidul telah menjadi misteri sejak zaman dahulu dan banyak yang bertanya-tanya seperti berasal darimanakah Nyi Roro Kidul?

Banyak versi dari cerita asal mulanya Nyi Roro Kidul, mulai dari putri Raja Jayabaya dari Kerajaan Kediri, lalu keturunan Raja Airlangga dari Kahuripan hingga putri Raja Pajajaran. Dalam artikel ini yang akan dibahas adalah cerita asal mulanya Nyi Roro Kidul dari perspektif Kerajaan Pajajaran. Simak ceritanya berikut ini!

Sejarah Nyi Roro Kidul: Putri dari Raja Prabu Siliwangi

Dikutip dari Dongeng Cerita Rakyat, pada zaman dahulu terdapat sebuah kerajaan yang bernama Pakuan Pajajaran, terletak di daerah Jawa Barat. Kerajaan Pajajaran dipimpin oleh seorang raja yang memiliki sifat bijaksana, bernama Prabu Siliwangi. Rakyat merasa sangat bahagia di bawah pimpinannya, sehingga sangat menghormati raja tersebut.

Dari hasil pernikahannya dan selir kerajaan, Raja Prabu Siliwangi memiliki anak yang banyak, salah satunya bernama Putri. Putri memiliki paras yang cantik serta baik hati seperti sang ayah. Putri merupakan calon dari pewaris tahta Kerajaan Pajajaran, karena ia merupakan putri tunggal.

Mendengar hal tersebut, para selir serta anak-anaknya tidak menyukai jika hal tersebut terjadi. Sehingga mereka membuat rencana agar Putri tidak dapat menjadi penerus tahta kerajaan.

Kutukan Penyihir Jahat pada Putri

Para selir dan anak-anaknya segera melancarkan aksinya setelah sebelumnya merencanakan hal jahat yang akan dilakukan kepada Putri dan ibunya. Mereka pergi ke seorang penyihir sakti yang memiliki ilmu hitam. Beberapa waktu kemudian, Putri dan ibunya terkena penyakit kusta.

Raja yang heran melihat istri dan anaknya terkena penyakit segera memanggil tabib istana untuk dilakukan pengobatan. Namun setelah diberikan berbagai macam ramuan, penyakit mereka tetap tidak kunjung sembuh.

Hingga akhirnya sang permaisuri meninggal dunia karena sudah tidak kuat menahan penyakitnya dan kini hanya Putri yang masih bertahan. Suatu hari selir dan anak-anaknya menghasut raja agar Putri dikeluarkan dari kerajaan dengan memfitnah jika penyakit yang diderita Putri dapat menular. Akhirnya sang raja menyetujui ide tersebut.

Putri yang kecewa mendengar hal tersebut langsung melarikan diri dari istana tanpa sepengetahuan sang ayah. Putri pergi tanpa tujuan yang pasti hingga ia tiba di pesisir pantai selatan Pulau Jawa yang mempunyai ombak besar serta batu karang.

Mendengar Bisikan Ghaib

Setelah lelah menyusuri jalanan, Putri pun beristirahat di sebuah batu karang hingga tertidur. Putri bermimpi serta mendengar sebuah bisikan yang menyuruhnya untuk menyeburkan dirinya ke laut agar penyakitnya dapat sembuh.

Setelah bangun dari tidurnya, Putri merenungkan kalimat yang baru saja ia dengar dan bingung darimanakah suara itu berasal. Lalu Putri pun menyeburkan dirinya ke air laut dan ajaibnya seluruh tubuh Putri yang dihinggapi penyakit berangsur-angsur sembuh. Setelah penyakitnya sembuh, Putri tidak kembali ke istana. Dia menetap pada pantai selatan, hidup berbaur bersama penduduk sekitar.

Putri Jelita Penguasa Pantai Selatan

Semenjak penyakitnya hilang dan tinggal di pantai selatan, Putri menjadi sangat terkenal karena paras cantik yang dimiliki olehnya. Putri sering didatangi pangeran-pangeran dari berbagai kerajaan untuk dipersunting, namun Putri sama sekali tidak tertarik.

Setiap pangeran yang datang, Putri selalu memberikan sebuah persyaratan yang sulit, salah satunya beradu di atas gelombang laut pantai. Tetapi tidak ada satupun pangeran yang dapat mengalahkan kesaktian Putri.

Akhirnya mereka semua menjadi pengawal Putri dan ikut ke mana saja ia pergi. Kemudian Putri dikenal sebagai Ratu Penguasa Laut Selatan di Pulau Jawa dengan nama Nyi Roro Kidul karena kekuatannya yang tidak tertandingi.

Demikianlah sejarah Nyi Roro Kidul. Semoga cerita yang telah dijelaskan di atas bisa menambah pengetahuan pembaca tentang asal-usul Nyi Roro Kidul khususnya dari sudut pandang Kerajaan Pajajaran.

CATEGORIES
TAGS
Share This