Sekolah Tatap Muka Akan Dibuka, DPR Ingatkan Soal Cluster Covid-19

Sekolah Tatap Muka Akan Dibuka, DPR Ingatkan Soal Cluster Covid-19

Inspira News – Pemerintah telah membahas mengenai wacana membuka kembali sekolah tatap muka meski dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Hal tersebut mengundang pernyataan dari Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay, ia mengingatkan pemerintah agar membahas kembali secara matang rencana tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Saleh mengungkapkan kekhawatirannya bahwa kegiatan sekolah tatap muka tersebut malah akan menjadikan cluster baru bagi virus corona, yaitu klaster sekolah. “Tidak ada potensi timbulkan klaster baru di sekolah,” kata Saleh dikutip dari MNC Portal Indonesia, Jakarta pada Sabtu (20/3/2021).

Saleh juga menyampaikan bahwa wacana sekolah tatap muka tersebut harus benar-benar dibahas secara matang oleh pemerintah serta dalam pelaksanaannya harus sesuai dengan protokol kesehatan. Tidak hanya itu, Saleh juga ingin agar pemerintah harus bisa memastikan bahwa sekolah yang akan dibuka sudah benar-benar dinyatakan aman.

Apabila pemerintah belum bisa menjamin hal-hal tersebut, maka DPR RI tidak akan menyetujui wacana dan rencana dari pemerintah tersebut. “Jadi kalau belum bisa aman kami tidak rekomendasikan, karena sangat bahaya, sekolah pasti akan apalagi pola sama akan timbulkan keramaian dan kerumunan jika siswa semua ikut membaur,” kata Saleh.

Sementara itu pada kesempatan terpisah Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan bahwa kegiatan belajar mengajar tatap muka hanya diperbolehkan untuk tingkat perguruan tinggi dan akademik.

“Kegiatan belajar mengajar mulai dapat dilakukan secara tatap muka untuk perguruan tinggi/akademi yang dibuka bertahap dengan proyek percontohan berbasis peraturan daerah atau peraturan kepala daerah dengan protokol kesehatan,” kata Menko Airlangga saat konferensi pers daring mengenai Perpanjangan dan Perluasan PPKM Mikro di Jakarta, Jumat 19 Maret 2021.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS