Sering Diare, Waspada Gejala Kanker Usus yang Sering Dialami

Sering Diare, Waspada Gejala Kanker Usus yang Sering Dialami

Inspira News – Penyakit kanker usus memang memberikan dampak yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Hal ini terjadi karena kanker ini menyerang bagian penting dalam sistem pencernaan. Selain itu, dampak yang ditimbulkan juga sangat besar karena berkaitan langsung dengan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung metabolisme. Penyebab utama dari penyakit kanker seperti ini memang berkaitan dengan gaya hidup yang kurang sehat. Beberapa penderita dianggap tidak mengkonsumsi jumlah serat yang baik, merokok, mengkonsumsi alcohol, tidak berolahraga dan lainnya. Namun, ada juga penyakit kanker ini yang merupakan bagian dari keturunan genetik. Kondisi ini yang membuat kamu bisa mencoba untuk berkonsultasi kepada dokter tentang gejala kanker usus.

5 gejala kanker usus yang sering dialami

Pada tahapan awal atau stadium ringan biasanya gejala kanker usus tidak timbul secara kasat mata. Namun, karena kanker ini berkaitan langsung dengan sistem pencernaan maka potensi dari gejala ini juga akan bisa dirasakan dengan cukup cepat. Selain itu, potensi diagnosa awal yang dibutuhkan memang akan memudahkan proses pengobatan dan perawatan yang dibutuhkan. Semakin cepat proses diagnosa maka tindakan medis yang dilakukan juga akan memberikan dampak yang sangat baik. Apalagi kondisi tubuh juga akan dipengaruhi dari pengobatan yang dilakukan. Berikut ini ada beberapa gejala kanker usus yang wajib diketahui seperti:

1. Diare yang sering terjadi

Salah satu dari gejala kanker usus yang timbul seperti diare sangat sering terjadi. Gejala ini paling sering dialami oleh penderita kanker. Bahkan, durasi atau jangka waktu terjadinya diare dianggap berlebihan dan tidak normal. Kondisi seperti ini akan memberikan dampak buruk bagi sistem pencernaan lainnya. Apalagi penderita juga akan mengalami kekurangan nutrisi dan cairan bila hal ini terus terjadi. Diare yang berlebihan ini akibat usus mengalami infeksi hingga radang yang cukup parah.

2. Sakit perut hingga kram

Gejala lain yang dirasakan para penderita penyakit kanker ini seperti sakit perut hingga kram. Sakit perut yang tidak tertahankan ini akan berlangsung dalam waktu yang sangat lama. Bahkan, potensi kram pada bagian perut juga sesuai dengan radang di bagian usus. Hal ini membuat para penderita kerap tersiksa karena sakit perut itu terjadi secara tiba-tiba. Bahkan, pada kondisi tertentu sakit ini akan memberikan efek mual hingga muntah. Tentu saja ini membuat kesehatan tubuh semakin menurun.

3. Perut mengalami kembung

Sebenarnya gejala seperti ini sering terjadi tidak hanya pada penyakit kanker usus saja. Namun, berkaitan langsung dengan sistem pencernaan yang lainnya. Perut kembung itu akibat dari infeksi saluran pencernaan. Selain itu, bagian dari usus yang mengalami radang sangat buruk juga membuat perut menjadi tidak normal.

4. Buang air besar yang tidak normal

Sebagian besar dari penderita juga mengalami hal ini. Gejala buang air yang tidak normal biasanya memberikan dampak pada kotoran yang bercampur dengan darah. Kondisi ini akibat dari infeksi usus yang mengalami pendarahan cukup buruk. Selain itu, radang yang terjadi pada usus juga membuat frekuensi buang air besar menjadi tidak stabil.

5. Warna kotoran yang cenderung gelap

Gejala ini bisa menjadi pertimbangan penting untuk melakukan tindakan medis segera. Biasanya usus yang mengalami infeksi akibat kanker akan mempengaruhi warna dari kotoran hasil pembuangan akhir. Sebagian dari penderita penyakit ini akan memiliki warna kotoran yang cenderung lebih gelap bahkan menghitam.

CATEGORIES
TAGS
Share This