Sering Merasakan Nyeri yang Berlebihan, Waspada Gejala Kanker Tulang

Sering Merasakan Nyeri yang Berlebihan, Waspada Gejala Kanker Tulang

Penyakit kanker tulang merupakan sel berupa tumor yang menyerang bagian tulang di dalam tubuh manusia. Sebagian besar tulang yang terkena penyakit kanker ini seperti lengan, panggul dan tungkai. Beberapa dokter tulang memang mengungkapkan bahwa penyakit kanker jenis ini jarang terjadi pada usia dewasa. Bahkan, penderita penyakit ini hanya mencapai 1 persen dari jumlah keseluruhan penderita penyakit kanker. Hal ini terjadi karena jenis tumor yang ada di dalam tulang itu termasuk jinak dan bisa disembuhkan melalui beberapa tindakan medis yang sesuai prosedur. Namun, perlu diingat bahwa tindakan medis untuk penyakit ini akan dipertimbangkan melalui gejala kanker tulang.

5 gejala kanker tulang yang wajib diwaspadai

Sebenarnya gejala kanker tulang terdiri dari beberapa kategori. Gejala utama sering dirasakan langsung oleh penderita. Selain itu, terdapat juga gejala lain yang umum menjadi pertimbangan bagi dokter tulang untuk memberikan diagnose. Meskipun termasuk penyakit kanker yang sangat jarang ditemukan oleh penderita, namun kamu juga harus mewaspadai penyakit ini. Apalagi dampak yang dirasakan juga akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja lumpuh total akibat penyakit kanker ini. Berikut ini ada beberapa gejala kanker tulang yang wajib diwaspadai seperti:

1. Rasa nyeri yang berlebihan

Ini merupakan gejala kanker tulang yang sering dirasakan oleh para penderita kanker. Biasanya rasa nyeri berlebihan ini terdapat di bagian tulang yang terkena kanker. Pada awalnya, nyeri yang terjadi memang cukup ringan. Hal ini karena gejala kanker ini masih dalam tahapan awal atau termasuk sangat ringan. Namun, bila tidak mendapatkan perawatan yang intensif maka rasa nyeri itu akan terus menjalar ke sekitar bagian tulang. Bahkan, durasi dari rasa nyeri ini akan terus bertambah sangat lama. Rasa nyeri di bagian tulang itu akan muncul tiba-tiba khususnya pada malam hari.

2. Pembengkakan di bagian tulang

Gejala lain yang dirasakan para penderita penyakit kanker ini adalah pembengkakan di bagian tulang yang terkena. Biasanya pembengkakan ini terjadi karena radang yang muncul di bagian tulang itu. Radang ini akan semakin memburuk keadannya bila tidak segera diatasi dengan tindakan medis. Bahkan, pada beberapa kondisi peradangan itu akan muncul di bagian sendi. Hal ini membuat bagian tulang sangat sulit untuk digerakkan. Kondisi yang lebih buruk lagi juga terjadi pada saat memasuki tahapan lanjutan karena pembengkakan akan melebar ke bagian organ lainnya.

3. Tulang mengalami masa rapuh

Sebenarnya gejala ini memang sudah memasuki tahapan lanjutan atau stadium yang lebih tinggi. Tulang akan semakin rapuh karena penyakit kanker yang tidak kunjung sembuh. Bahkan, proses tulang yang rapuh ini juga tidak terlalu lama. Ini membuat para penderita harus mulai melakukan terapi untuk menghindari patah tulang akibat pergerakan yang dilakukan secara normal.

4. Kondisi tubuh yang menurun

Ini merupakan gejala yang terjadi umumnya pada penderita kanker tulang. Kondisi tulang yang tidak stabil juga menyebabkan kesehatan tubuh semakin menurun. Bahkan, hal ini juga terjadi pada saat memasuki tahapan lanjutan. Tentu saja akan membuat kondisi dari penyembuhan tulang semakin lama.

5. Mati rasa pada bagian tulang belakang

Sebagian besar dari para penderita kanker tulang ini juga merasakan mati rasa hingga keram di bagian tulang belakang. Kondisi ini sering terjadi pada usia anak-anak hingga dewasa. Apalagi bila penderita duduk terlalu lama maka bagian tulang belakang akan memburuk.

CATEGORIES
TAGS
Share This