Strategi dan Peluang Menjalankan Usaha Foodtruck Mulai Dari Nol

Strategi dan Peluang Menjalankan Usaha Foodtruck Mulai Dari Nol

Inspira News – Bisnis foodtruck memang masih belum populer di banyak tempat. Namun, bisnis seperti ini justru memiliki potensi keuntungan yang cukup besar. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk memulai bisnis ini dengan metode yang berbeda. Misalnya saja kamu menggunakan truck khusus yang telah dimodifikasi lalu menawarkan menu makanan yang berbeda dan unik. Cara seperti ini dilakukan untuk memudahkan menjalankan bisnis secara mobile. Namun, kamu harus ingat bahwa bisnis seperti ini juga membutuhkan beberapa persiapan dan strategi bisnis yang sangat berbeda dibandingkan metode konvensional lainnya. Seluruh strategi yang dibutuhkan peluang usaha foodtruck ini bisa dikolaborasikan secara menyeluruh.

Rekomendasi tips untuk peluang usaha foodtruck

Kamu bisa menggunakan berbagai tips untuk memulai peluang usaha foodtruck. Tips seperti ini juga akan membantu kamu dalam menjalankan bisnis dengan cara yang berbeda. Selain itu, bisnis ini dianggap memiliki skema yang baru dan berbeda dari modal konvensional lainnya. Metode penawaran makanan melalui truck juga harus memiliki perhitungan yang sangat matang seperti pemilihan tempat yang strategis. Bahkan, kamu juga harus ingat bahwa menu yang ditawarkan dari bisnis ini juga harus berbeda. Kamu bisa mencoba beberapa tips peluang usaha foodtruck seperti:

1. Siapkan modal

Peluang usaha foodtruck akan membutuhkan modal yang cukup banyak. Modal ini digunakan untuk melakukan dekorasi pada seluruh bagian truck. Apalagi ruang kosong di bagian dari truck ini akan menggunakan perlengkapan memasak yang memiliki desain khusus. Selain itu, modal ini juga dimaksimalkan untuk operasional dalam menentukan pilihan menu yang ditawarkan. Namun, seluruh modal yang kamu miliki sebaiknya digunakan untuk melakukan inovasi menu yang berbeda dibandingkan dari tempat lainnya.

2. Pilih dekorasi konsep truck

Dekorasi dari truck yang digunakan untuk bisnis ini tentu saja akan sangat berbeda. Bahkan, kamu harus menampilkan konsep truck yang sangat menarik dan unik. Ini menjadi daya tarik yang akan membuat para pengunjung terkesan. Misalnya saja kamu memilih desain food truck yang memiliki tampilan instagramable. Ini dilakukan untuk menjalankan branding yang juga menjadi bagian dari promosi dan pengenalan bisnis. Pastikan juga bahwa dekorasi yang kamu terapkan pada truck ini tidak mengganggu fungsi utama untuk menghasilkan menu makanan.

3. Tawarkan menu menarik

Strategi lain yang harus kamu jalankan dengan menawarkan menu menarik dan unik. Menu ini biasanya mempengaruhi psikologis orang lain untuk mencoba. Misalnya saja dengan memberikan menu khusus yang mungkin jarang ditawarkan di tempat lainnya. Beberapa pilihan menu yang mungkin cocok untuk bisnis ini seperti burger, spageti, sate, nasi goreng, rice bowl dan lainnya. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan inovasi menu khusus sebagai signature atau ciri khas dari bisnis ini.

4. Pilih tempat strategis

Cobalah untuk memilih tempat strategis. Biasanya tempat yang cocok untuk bisnis ini berada di food court atau pada acara seperti festival tertentu. Kamu harus ingat bahwa tempat juga mempengaruhi konsep bisnis yang kamu jalankan. Apalagi saat ini belum ada aturan khusus yang memperbolehkan konsep bisnis foodtruck diterapkan di jalanan umum.

5. Maksimalkan platform sosial media

Kamu harus memaksimalkan fungsi sosial media untuk mengembangkan bisnis ini. Metode ini juga akan membantu kamu untuk memaksimalkan branding dan mengenalkan seluruh menu. Beberapa sosial media yang bisa kamu gunakan seperti Facebook, Twitter hingga Instagram.

CATEGORIES
TAGS
Share This