Sudah Tahu Belum, Objek Hukum Tanah Itu Apa?

Sudah Tahu Belum, Objek Hukum Tanah Itu Apa?

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai objek hukum tanah itu apa dan penjelasan dari hukum tanah itu sendiri. Di dalam ruang lingkup agraria, permukaan bumi yang merupakan bagian dari elemen bumi disebut dengan tanah. Tanah di sini bukan mengatur segala aspek dalam tanah, namun hanya mengatur salah satu aspeknya yaitu hak yang dalam pengertian yuridis.

Jadi, dalam pengertian yuridis tanah merupakan permukaan bumi, sedangkan untuk ha katas tanah ialah hak atas bagian tertentu dari permukaan bumi dan terbatas. Simak objek hukum tanah berikut ini untuk lebih jelasnya.

Objek Hukum Tanah Itu Apa

Sebelum membahas apa itu objek hukum tanah, ada baiknya dijelaskan terlebih dahulu pengertian dari hukum tanah. Pengertian hukum tanah sendiri ialah keseluruhan dari ketentuan-ketentuan hukum, yang memiliki objek pengaturan yang sama, baik tertulis maupun tidak tertulis, di antaranya hak penguasaan atas tanah sebagai lembaga hukum serta sebagai hubungan hukum yang konkret, memiliki aspek publik dan privat dan bisa disusun serta dipelajari dengan sistematis sampai menjadi satu sistem yaitu satu kesatuan.

Ketentuan dari Hukum Tanah tertulis berasal dari UUPA dan secara khusus peraturan pelaksanaannya berkaitan dengan tanah sebagai sumber hukum utama. Untuk ketentuan Hukum Tanah yang tidak tertulis sendiri berasal dari Hukum Adat yang mana untuk sumber hukum pelengkapnya yaitu tentang tanah.

Objek hukum tanah sendiri merupakan hak penguasaan atas tanah, artinya hal yang berisi keseluruhan rangkaian wewenang, kewajiban dan/atau larangan bagi pemegang hak dalam berbuat sesuatu mengenai tanah yang haknya dimiliki.

Hukum tanah mengatur hal-hal yang boleh, wajib atau dilarang untuk dilakukan, merupakan isi hak penguasaan yang menjadi kriteria atau tolak ukur pembeda antara hak-hak penguasaan atas tanah yang diatur.

Hierarki Hak-hak Penguasaan Atas Tanah

Berikut ini hierarki Hak-hak Penguasaan Atas Tanah dalam Hukum Tanah Nasional, yaitu:

  • Hak Bangsa Indonesia atas tanah.
  • Hak menguasai dari Negara atas tanah.
  • Hak ulayat masyarakat hukum adat.
  • Hak perseorangan, di antaranya: Hak Milik atas satuan rumah susun, Hak-hak atas tanah, Hak jaminan atas tanah atau hak tanggungan dan Wakaf tanah hak milik.

Demikianlah artikel mengenai objek hukum tanah itu apa. Semoga penjelasan yang sudah dijelaskan sebelumnya dapat menambah informasi bagi para pembaca.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS